Mahasiswa sebagai agen of change, social control dan Iron stock

cari lagu dan lirik mars brawijaya??


Mahasiswa sebagai agen of change, social control dan Iron stock

  Masyarakat selalu menuntut perubahan baik perubahan cepat (revolusi) ataupun perubahan lambat (evolusi), ini menyebabkan pemerintah selalu memberi perubahan tetapi terkadang kurang tepat sasaran di mata masyarakat. hal seperti inilah yang menyebabkan Mahasiswa terdorong untuk menjadi agen of change, mahasiswa mempunyai peranan besar terhadap perubahan dalam masyarakat dan tentu nya Negara. Ini disebabkan mahasiswa merupakan kumpulan masyarakat aktif, yaitu masyarakat dengan inspirasi tak terbatas yang inspirasi dan ide-idenya sering masuk akal sehingga didengarkan oleh semua khalayak. Mahasiswa dalam menyampaikan pendapat dan aspirasinya tergolong luwes dan cekatan guna menanggapi proses yang sedang terjadi di kehidupan ini. Mahasiswa mempunyai sifat kritis terhadap pemerintah dan tidak mudah ditipu dengan muslihat para pemimipin kurang baik yang mempunyai ide kurang masuk akal. Selain mahasiswa sebagai pencipta inspirasi, mahasiswa juga merupakan pendengar aspirasi rakyat yang baik dan setelah itu menyampaikan pendapat masyarakat kepada pemerintahan untuk senuah perubahan. Mahasiswa sering melakuakan penuntutan terhadap perubahan dengan memperjuangkan kehidupan rakyat seperti yang dilakukan mahasiswa trimurti pada tahun 1996 untuk menuntut turun presiden Soeharto dari jabatannya, mahasiswa melakukan aksinya tanpa rasa takut dan gentar demi menuntut kebenaran, aspirasi-aspirasi dari mahasiswa selalu berkenan di hati masyarakat yang dipercaya membawa dampak perubahan baik terhadap Negara. selain dari perubahan masa sekarang mahasiswa adalah calon calon pemimpin yang tentunya membawa perubahan lebih baik di masa depan..


Mahasiswa sebagai social control yang artinya mahasiswa selalu mengawasi tindakan-tindakan anti social baik di dalam negeri atau pun di luar negeri. Mahasiswa tak henti hentinya selalu mengobarkan bendera demi perjuangan masyarakat, tanpa sedikitpun rasa takut mahasiswa selalu mentelengi (memperhatikan) tindak dan perbuatan pemimpin. Mahasiswa adalah kumpulan pejuang tanpa ikatan pemerintah, tidak sama seperti polisi, kalau polisi selalu mengawasi apa saja yang di bawah dan takut serta tunduk terhadap atasan. tetapi mahasiswa selalu mengangkat kepala dan semangat untuk mengawasi siapa saja orang itu, baik itu orang penting, presiden, ataupun lainnya.  Tidak hanya menuntut ilmu tetapi mahasiswa juga sebagai kantib tanpa kacamata kuda selalu mengawasi pemerintah dan sesuatu yang tidak baik, seperti kasus gayus dan bank century, hanya saja sekarang mahasiswa mulai kehilangan semngat untuk memperjuangkan kebenaran tidak seperti terdahulu, mungkin belum tetapi pasti akan terjadi sesuatu hal besar yang akan dilakukan mahasiswa di Indonesia. Saya sebagai mahasiswa brawijaya percaya dan berjanji akan selalu beraksi mengawasi segala keganjalan di kehidupan pemerintahan demi kebenaran dan masyarakat.

        Mahasiswa sebagai iron stock mempunyai arti dimana siswa adalah pengganti generasi tua di masa sekarang.. Generasi tua yang sekarang tidak akan memimpin Negara secara abadi melainkan akan diestafetkan kepada para pemuda dan mahasiswa. Hal yang sering terjadi adalah pemikiran generasi tua dengan mahasiswa lebih kolot berbeda dengan generasi muda yang selalu menuntun perubahan untuk kemajuan. Intinya mahasiswa dituntut belajar dengan sungguh –sungguh dan menambah pengetahuan sebanyak mungkin karena beban Negara atau beban di kehidupan yang akan datang dibebankan kepada mahasiswa yang sekarang menjadi generasi muda. Seperti yang kita ketahui dari zaman terdahulu pun mahasiswa selalu mempunyai aksi yang mungkin bertentangan dengan generasi tua. Sebaiknya untuk para generasi tua lebih memperhatikan kebutuhan dalam jangka panjang seperti pendidikan, pembekalan kerja dan lain lain agar mahasiswa mudah membekali diri untuk kehidupan di masa yang akan datang.. Inilah tonggak penting yang membuat mahasiswa adalah salah satu aset, cadangan atau mungkin harta yang tak ternilai dibandingkan dengan emas atau pun uang..

Comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar, bebas, ekspresi, asal :
1. Tidak mengandung SARA
2. Tidak mengandung unsur Seksistis, PORNOGRAFI
3. Tidak SPAM
4. Tidak mengandung kekerasan
5. Tidak mengandung Formalin dan anak tetangga

Popular posts from this blog

Biodata dan Foto Rini Feblita

Black Hole (lubang hitam)

1st post